Wednesday, August 8, 2012

Dasar dasar sebelum bermain gitar



1. Belajar memainkan musik/lagu disuka (karna akn lebih cepat menguasai suatu yg disukai)
2. Senam jari
dengan 4 jari (telunjuk-kelingking).
3.1. Memetik Senar dg “Pick”
cobalah memetik secara naik turun (akan lebih cepat&mengurangi kecapekan). tekhnik lanjutan “sweeping”(tekhnik ini sering digunakan utk mainin nada2 “Uppergio”)
3.2. Memetik dg jari
usahan dari pertama berlatih menggunakan plg tidak 4 jari(ibu jari-jari manis) yg bs dilanjutin dengan melatih jari kelingking(klo diperlukan).
4. Tempo
jagalah tempo permainan, karna lo temponya sedikit bergeser akn terkesan kurang rapi.
6. Jgn malu bertanya
5. Terus mencoba
jangan menyerah ktika sulit memainkan/ memposisikan jari kita. karna lama2 jg akn lancar sendiri. masalahnya adlah bnyak org menyerah ketika mrasa sulit dlm suatu hal(dlm permainan guitar).

teknik sederhana untuk pemula

Untuk belajar teknik gitar terkadang kita merasa kesusahan karena pergerakan jari dari fret ke fret belum terbiasa untuk jenis teknik gitar tertentu, ujung-ujungnya malah jadi males karena gak bisa-bisa. Supaya otot-otot di jari kita tidak kaku pada saat kita maen melody berikut ini tablature untuk otot keempat jari kita. Teknik ini juga bisa untuk belajar speed juga lo
l——–4–2————-6–4———–
l——3——3———5——5———
l—-2———-4—–4———6——–
l–1————–5–3————7—–dst
l——————————————-
l——————————————-
pergerakan jarinya harus urut contohnya fret 1 senar ke2 pake jari telunjuk selanjutnya fret 2 senar ke3 jari tengah, fret 3 senar 2 jari manis, fret 4 senar 1 pake kelingking, selanjutnya senar ke 1 fret ke 2 pake jari telunjuk lagi di urut lagi jari kita, begitu seterusnya, petik senar searah dari atas ke bawah selanjutnya dari bawah ke atas, satu kali tekan satu nada atau satu kali sapuan (sweep) bagi senior-senior teknik ini dinamakan teknik sweeping seperti pelopor teknik ini adalah Yngwie,
selanjutnya perputaranya dibalik dari belakang ke depan seperti ini
l–dst—–7————–11–9—-
l————-8———-10——10—-
l—————9——9———–11—-
l—————–10–8————–12—-
l——————————————–
l——————————————–
Pertama-tama lakukanlah dengan pelan-pelan, kalo udah mulai terbiasa tingkatkan kecepatanya, lakukan terus sampai suara yang di timbulkan bersih dan tingkatkan terus kecepatanya semaksimal mungkin, memang agak sulit dipelajari sekalipun anda mengikuti kelas kursus gitar, karena kita harus sering-sering melakukan latihan. “Ingat bakat adalah 30% ketekunan 70%”
Bagi para gitaris – gitaris yang sudah mempunyai pengalaman tentu saja tahu akan beberapa tehnik gitar dibawah ini, tetapi saya akan mencoba untuk memberikan pengetahuan saya mengenai tehnik dalam permainan gitar.
Tehnik tehnik tersebut antara lain.
Alternatif picking = yaitu tehnik yang digunakan untuk memetik senar pada gitar dengan cara up down up down, Biasanya digunakan para gitaris untuk melakukan melody atau interlud pada sebuah lagu.
Slide = yaitu tehnik menggeserkan nada. Cotohnya kita menekan fret 5 senar ke 5 dengan cara slide kita geserkan tangan kita ke fret 7 tanpa di lepas.
Hamer on = yaitu tehnik memukulkan jari kefret ke lain, contonhya kita tekan fret 5 senar ke 5 dengan tehnik hamer on kita pukul kan ke fret 7 ( dengan jari yang lain ) tanpa di petik.
Pull of = yaitu kebalikan dari tehnik hamer on kita lepas fret 7 dan akan menghasilkan nada pada fret ke 5 ( tanpa dipetik ).
Typing = yaitu perpaduan antara hamer on dan pull of dengan kecepatan tertentu dan akan menghasilkan suara yang mungkin bagi orang awan tehnik yang sangat sulit, padahal teorinya cukup mudah.
Sweep = yaitu tehnik yang sulit diantara tehnik tehnik diatas. Kita dituntut untuk melakukan picking se arah dengan imbasnya tangan kiri haruslah mempunyai kecepatan untuk mengimbangi,
Apabila kalian mempunyai cara atau tehnik atau apapun dalam bermain gitar tolong dunk di share. Untuk berbagi pengalaman yang ada

sweeping / arpeggio

Berikut ini penjelasan sedikit deskripsi tentang teknik arpeggio/sweeping pada gitar, silakan dicoba yak, teknik ini memang teknik tinggi pada gitar, dan sangat sulit dipelajari, karena kita harus sering-sering melakukan latihan.

Get This Comment Form

No comments:

Post a Comment