Friday, August 3, 2012

Belajar Scale Not Balok Pentatonik


kunci G not balok, belajar gitar
Oke di posting kali ini saya mau coba share tentang scale pentaonic minor. Kenapa pentatonic minor? ya karena saya pengen aja.. hehe.. gak deng, sebenernya karena pentatonic atau pentatonis (atau apapun panggilannya) adalah salah satu scale paling penting buat dipelajari sama gitaris setelah scale diatonic. Scale minor pentatonic ini merupakan awal untuk mempelajari Blues, dan juga Rock. Soalnya bakal terasa hampa (ceilee..) kalo kita cuma main diatonic aja pas lagi ngerok (emang masuk angin?) nge-Rock maksudnya.

Perlu diketahui scale pentatonik itu cuma terdiri dari 5 nada (penta artinya 5 & tonic artinya nada). Dan dasarnya adalah dari scale minor diatonic natural yang kita hilangkan 2 nadanya yaitu nada ke 2 (re) dan nada ke 7 (si). Untuk teori ini akan coba saya bahas di artikel berikutnya.

Nah buat yang sudah gak sabar, berikut kita akan belajar scale A minor pentatonik dulu dengan posisi nada dasar di senar 6 kolom 5 ( nada A ).

Coba liat ilustrasi nya pada neck.

scale pentatonic A minor neck mapping

Sedangkan untuk Mapping / Pemetaan nada pada fretboard bisa di lihat di bawah ini:

fingering A minor pentatonic scale

ket: angka 1, 3, dan 4 menunjukan jari mana yang digunakan untuk menekan (memencet senar.) 1 untuk jari telunjuk, 3 untuk jari tengah dan 4 untuk kelingking.

Kalau bingung bisa dilihat di video berikut ini bagaimana posisi fingering scale A minor Pentatonic. Tapi sebelumnya harap matikan dulu streaming musik di blog ini dengan mengklik tombol stop di bawah tulisan musik hari ini pada bagian kanan blog ini, supaya suara videonya gak tabrakan.


sumber: guitarsecrets,com

Berikut ini tabelature dari video di atas. Tabelatur ini hanya tab pada bagian awal saja ( bagian lambat ).


---------------------------------5--8----
--------------------------5--8-----------
-------------------5--7------------------
-------------5--7------------------------
------5--7-------------------------------
-5-8-------------------------------------

Usahakan untuk bisa menghafal semua posisi not dengan baik. Ini sangat bermanfaat sebelum melanjutkan mempelajari yang lebih advance. Nah kalau sudah betul-betul menguasai dengan baik, sobat boleh mencoba memvariasikan  urutan nadanya. Untuk sementara ini dulu, nanti kita sambung lagi di pembahasan berikutnya. Semoga bermanfaat.

Get This Comment Form

No comments:

Post a Comment